BLOG vs WORDPRESS



Otak manusia memliki keterbatasan sehingga tidak mampu menampung seluruh perstiwa yang dilihat, persepsi yang terolah otak, juga nostalgia yang sempat hinggap. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk merekamnya. Kalau jaman dahulu kita kenal buku diary, di jaman modern ini, salah satu media menyimpan memori otak untuk merekam peristwa atau menuangkan pandangannya adalah melalui web blog atau lebih dikenal dengan nama singkatnya saja yaitu blog.

Kalau berbicara tentang keberadaan blog, dua nama besar yang ada saat ini adalah blogspot dan wordpress. Berbicara tentang kedua penyedia layanan blogging tersebut, ada sesuatu yang menarik dari pengamatan saya. Disini saya tidak ingin membandingkan fitur keduanya, karena saya hanya pemakai salah satu sehingga dikhawatirkan bisa kurang berimbang memberikan penilaian. Namun saya hanya ingin menuangkan sedikit apa yang terekam dalam pengamatan saya.

Kebanyakan blog yang saya kunjungi yang disediakan oleh blogspot banyak dihiasi iklan-iklan yang justru mengganggu kenyamanan saya dalam mendapatkan informasi, sementara dari wordpress lebih banyak blog dengan fitur minimalis. Selidik punya selidik, ternyata ada satu hal yang membedakan adalah ketersediaan fitur iklan.

Di blogspot yang dimiliki oleh raksasa search engine google, disediakan fitur adsense dimana pemilik blog bisa mendapatkan upah dari pemasangan iklan tersebut. Sementara di wordpress sangatlah diharamkan pemasangan iklan internet, kecuali jka sudah menggunakan wordpress berbayar (wordpress.org). Itulah kenapa, lebih banyak comment di setiap posting yang datangnya dari pemilik blog berbasis blogspot. Hal itu menurut dugaan saya, agar pemilik blog yang dikomentari akan mengunjungi balik ke blog dari pemberi komentar. Dengan begitu, akan semakin banyak pula traffict kunjungan, otomatis akan lebih besar pula kemungkinan iklan yang terpasang akan di klik, sehingga pendapatan penayangan iklan juga semakin besar.

Namun sayangnya pemilik account yang mengharapkan materi dari iklan tersebut kurang memperhatikan kualitas dari komentar yang diberikan ke blog lain, ataupun kualitas dari setiap postingan di blognya. Padahal tanpa memberikan komentar tak bermutu ke banyak blog lain (istilahnya blog walking), tetapi meningkatkan kualitas postingannya sendiri otomatis akan membuat pembaca merasa ada sesuatu yang bisa didapatkan sehingga akan lebih sering pula berkunjung kesana dan secara otomatis pula memperbesar blog hitsnya sekaligus meningkatkan peluang mendapatkan materi dari iklan.

Walau demikian, tidak semua blogger memiliki tujuan seperti hal diatas. Ada juga blogger yang memang hanya menjadikan blog sebagai media penimpan memori ataupun penuang ide yang mugkin saja bisa hilang apabila hanya tersimpan di otaknya.

Dan kalau anda sebagai pendatang baru dalam dunia blogsphere, silakan memutuskan blog mana yang anda pilih, karena setiap penyedia blog pasti memiliki kelebihan serta kekurangan.

Comments (0)

Posting Komentar