Scan Spyware, Adware, dan Virus dengan HijackThis



Spyware, Adware, dan Virus adalah salah satu faktor penyebab melambatnya kinerja sistem Windows yang kita gunakan, selain itu juga mengakibatkan kecepatan koneksi internet menurun. Untuk bisa mengembalikan kinerja sistem Windows dan kecepatan koneksi internet tentunya komputer kita harus bebas dari spyware, adware, ataupun virus.

Berikut ini ada sebuah tool atau software yang bisa membantu kita melakukan scan komputer terutama pada registry Windows, mengingat spyware, adware, dan virus biasanya melakukan perubahan pada registry Windows tersebut. Software yang saya informasikan di sini adalah HijackThis, salah satu produk dari Trend Micro.

Cara kerja dari HijackThis ini adalah melakukan scanning terhadap registry Windows (software apa yang sedang berjalan termasuk saat Windows dinyalakan, karena biasanya saat ini virus juga mulai berjalan) dan menyimpan hasil scan tersebut (hijackthis.log).



Dari hasil tersebut kita bisa menganalisa apakah ada software yang tidak kita kenal sedang berjalan, jika kita yakin kita bisa menghapusnya dengan mencentang dan memilih Fix checked, atau jika kita ragu kita bisa memilih Info on selected item… untuk mengetahui informasi seputar entri registry tersebut.



Jika kita masih ragu juga, karena memang tidak tau mana yang membahayakan dan mana yang bukan, maka kita bisa minta bantuan melalui http://www.hijackthis.de. Yang perlu kita lakukan hanya mengcopy isi file hijackthis.log ke Hijackthis.de untuk dianalisa secara langsung.





Tunggu beberapa saat sampai proses analisa selesai. Setelah selesai, maka Hijackthis.de akan memberikan hasilnya berupa entri data berdasar log yang kita kirimkan termasuk hasilnya apakah entri tersebut berbahaya atau tidak. Jika file tersebut dianggap berbahaya, maka kita bisa memperbaikinya dengan cara mencentang entri tersebut (pada program HijackThis) dan memilih Fix Checked.


Dengan bersihnya komputer kita dari spyware, adware, dan virus ini diharapkan kinerja Windows bisa lebih baik dan aktivitas browsing kita juga lebih lancar karena koneksi internet juga berjalan dengan optimal.

Demikian informasi tentang HijackThis ini, semoga bermanfaat. Untuk mendownload HijackThis bisa dilihat di Freeware dan Software Download.

Comments (0)

Posting Komentar